Jumat, 06 Maret 2015

Consumables

Consumables yang kami maksud disini adalah label dan ribbon. Label adalah kertas yang digunakan untuk mencetak barcode, tujuan digunakannya label adalah untuk memberi tanda pada sebuah produk/benda dengan diberikan beberapa informasi tentang produk/benda tersebut sehingga memudahkan untuk proses identifikasi suatu barang/produk.
Sedangkan ribbon adalah tinta bermodel pita yang akan merekat pada label. Ada banyak sekali jenis label, dan salah satu yang sangat sering kita jumpai ada jenis label semi coated. Pada umumnya ukuran label mempunyai standartd tersendiri, namun sekarang dapat dicustomize sesuai kebetuhan.
Berikut beberapa jenis label yang berhasil kami rangkum :
1. Label Semi coated
Label Semi Coated adalah jenis label yang sering kita jumpai, contoh adalah label yang biasa di tempel pada kotak sepatu, tas, maupun pada kemasan makanan. Ciri" label ini adalah sedikit mengkilap, mudah sobek, dan sedikit tahan dengan cipratan air. Label ini cocok untuk ditempel pada kertas, kardus, dan plastik.
2. Label Yupo
Label Yupo adalah jenis label yang tidak dapat dirobek menggunakan tangan kosong, tahan panas dan air. Label jenis ini cocok untuk barang" yang diletakan pada kondisi yang ekstrim. contohnya pada pipa, besi, dll.
3. Label Vallum TTL
Label Vallum TTL label yang mempunyai ciri seperti label semicoated, namun label ini tidak memiliki lapisan pelindung seperti yang dimiliki semicoated. Namun hasil cetakan nya bisa lebih sempurna karena ribbon/tinta dapat meresap ke-pori" kertas. Label ini cocok ditempel pada kardus, plastik, dll.
4. Label Silver matte/ Matte silver pollyester
Label jenis ini memiliki ciri" yang sama dengan yupo, namun warna dasarnya berwarna
silver, kita dapat menjumpai jenis label ini pada casing/case sebuah handphone, biasanya untuk mencantumkan informasi serial number, IMEI dan Model handphone.
5. Label Tag
Label Tag, seperti namanya label ini berarti digunakan sebagai penanda, ciri" label ini adalah seperti karton namun tipis, tidak di tempel namun digantungkan, tidak tahan air. Label jenis ini biasa kita temui pada label baju, Tas, dll.

Setelah Label, Cunsumables berikutnya yang akan kita bahas adalah Ribbon. 
Ribbon merupakan tinta berupa pita yang nantinya akan merekat pada label. Ada beberapa
jenis ribbon, yaitu Wax, Wax/Resin dan Resin. Berikut ulasannya :
1. Ribbon Wax, Ribbon jenis ini adalah jenis ribbon yang paling murah, namun ketahanan ribbon jenis ini tidaklah begitu bagus, karena ribbon ini tidak dengan gesekan, karena jika tergesek sedikit saja, ribbon ini akan terkelupas atau pudar. Jenis label yang cocok dengan ribbon ini adalah semicoated, vallum dan tag. Ciri" label ini adalah gampang terkelupas dan warnanya yang hitam pekat.
2. Ribbon Wax/Resin, Ribbon jenis ini sedikit susah dibedakan, karena kualitas ribbon ini bisa dikatakan berada di tengah" antara wax dan resin, ciri" ribbon ini adalah warnanya yang tidak  terlalu pekat, bisa terkelupas namun agak susah. Ribbon jenis ini cocok untuk label Semi Coated.
3. Ribbon Resin, Ribbon ini lebih mahal dari wax dan wax/resin, ribbon ini tahan terhadap gesekan, namun warnanya hasil cetakan tidak terlalu pekat seperti wax. Ciri" ribbon ini adalah tidak mudah terkelupas dan warnanya yang ke-abu"an. Ribbon jenis ini cocok untuk label silver matte dan yupo.

Kunjungi kami untuk mendapatkan promo menarik seputar alat-alat Barcode. www.barcodemart.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar